Contoh Program Semester PAUD Kurikulum 2013

Program Semester PAUD Kurikulum 2013

Download Contoh Program Semester  PAUD Kurikulum 2013, Usia 4-5 Tahun Semester 1 dan 2 File Word

Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester yang dikembangkan menjadi subtema atau sub-subtema, serta kompetensi yang ditetapkan untuk dicapai pada setiap tema, dan alokasi waktu setiap tema.

Untuk langkah-langkah dalam membuat Program Semester PAUD seperti:

  • Membuat daftar tema satu semester. Pemilihan dan penentuan tema dilakukan guru sebelum awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema.
  • Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema. Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan merupakan topik-topik yang lebih khusus dan lebih dalam. Kekhususan dan kedalaman subtema dan sub-subtema memperhatikan usia anak, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber belajar pendukung. Pengembangan tema dapat dipelajari pada Pedoman Pengembangan Tema.
  • Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema, subtema dan atau sub-subtema. Waktu pembahasan setiap tema/subtema/subsubtema disesuaikan dengan minat anak, keluasan, kedalaman, dan sumber/media yang tersedia.
  • Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), fi sik-motorik, kognitif, sosial-emosional (sosem), bahasa, dan seni.
  • KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja.
  • KD dapat diulang-ulang di tiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda.
  • Tema/subtema/sub-subtema yang sudah ditentukan di awal dapat berubah bila ada kondisi tertentu dengan melibatkan anak tanpa harus mengubah KD yang sudah ditetapkan.

Untuk itu silahkan menuju link dibawah ini untuk mengunduh Contoh Program Semester PAUD Kurikulum 2013.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu diartikel lainnya.
Share:

Artikel Terpopuler

Blog Archive

Recent Posts